Ote-ote von Porong, Sebuah Camilan Nostalgia

Ote-ote [bahasa Jawa Timuran] mirip dengan bakwan atau bala-bala dalam khazanah goreng-gorengan pinggir jalan yang biasa dijumpai di Ibukota.

Terbuat dari rajangan kol, wortel, kucai atau daun bawang, tauge dan diaduk dengan campuran tepung terigu, air serta telur. Lalu digoreng dalam minyak mendidih.

Cuma bentuknya lebih beraturan, karena menggunakan sendok sayur sebagai cetakan, hingga bentuknya bisa mulus setengah bulatan. Dan untuk ‘finishing’ nya, ote-ote di bagian atasnya diberi seekor udang kecil sebagai pemanis.

(c) ukirsari

Nah, yang disebut Ote-ote Porong, konsepnya sedikit bergeser dari ote-ote umumnya. Sebutlah sebagai suatu terobosan atau kreativitas, hingga menciptakan snack berujud mirip tapi citarasanya lebih kaya.

Sebuah Ote-ote Porong bentuknya lebih ‘raksasa’ dibanding ote-ote biasa. Karena adonan isinya juga beda. Yaitu: sepotong tiram yang dibalut irisan jamur putih, cacahan udang dan kucai lalu dibalur adonan tepung terigu dengan ketebalan tertentu baru disusun ke dalam sendok sayur raksasa untuk digoreng kering. Dihidangkan -mirip dengan ote-ote biasa- cabai hijau utuh.

Karena isinya yang luar biasa itu, kalau ote-ote biasa harganya berkisar 500 – 1.000 perak, maka Ote-ote Porong mencapai Rp 6.500,-

Terakhir kali, saya menikmati jajanan klangenan ini bersama kedua orangtua tercinta, saat Lebaran 3 tahun lalu. Kemudian mencoba versi ‘turunannya’ di Tanah Lot, Bali sekitar 1 setengah tahun lalu. Belum jelas kalau Ote-ote Porong orisinal di Jalan Raya Porong masih buka sampai hari ini, mengingat adanya bencana non-alam lumpur Lapindo.

2 thoughts on “Ote-ote von Porong, Sebuah Camilan Nostalgia

  1. Membaca blog mbak Ari ini, seolah saya sendiri yang sedang berwisata kuliner bahkan sedang traveling keliling penjuru dunia.
    Semoga sehat selalu dan banyak rejeki, jadi sering-sering posting pengalaman terbarunya keliling Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s