Lay sik m sik gong yin man? = Capek juga deh!

Tulisan di atas itu bahasa Kanton [Cantonese] yang artinya “Anda bisa bicara bahasa Inggris?” Duh, sudah menghapalnya setengah mati, saat dipraktekkan di Macau begitu menyebalkan. Belum selesai mengucapkan kalimat selengkapnya, orang yang saya ajak bicara sudah lari terbirit-birit.

(c) ukirsari

Kecuali polisi, walau bilang uh-oh pada awalnya dan diteruskan “Doy m joot, ngor m sik!” [Saya nggak bisa] mereka bisa stay cool tanpa minggat dari depan saya.

Saya terinspirasi menuliskan hal ini gara-gara seorang rekan dari http://www.wikimu.com menuliskan komentarnya seputar orang-orang Macau alias Macanese di artikel saya soal Ruinas do Sao Paulo.

Hal ini juga dialami kawan saya, Claude Doehne yang sudah dua tahun bermukim di sana. “Karena berlari begitu saja, saya sampai berteriak ‘Hei, saya nggak berniat mengigit kamu!’,” tukas adik dari sahabat saya di komunitas traveler dunia maya ini.

Tapi kata Richard, pengurus penginapan saya selama tinggal di Macau, reaksi para Macanese itu bukan karena sombong atau kurang friendly serta tak mau berbagi info. Justru sebaliknya, karena mereka pemalu. “Tapi kalau polisi tak bisa mengelak, namanya juga abdi masyarakat dan wajib menolong turis,” papar pria Bangladesh itu.

Untungnya, acara bertanya-tanya begini tak perlu dilakukan seringkali. Karena pemerintah Special Administrative Region [SAR] of Macau –nama resmi Macau— benar-benar memanjakan turis.

(c) ukirsari

Begitu pesawat mendarat dan lewat imigrasi, sudah ada counter khusus yang menyediakan peta plus keterangan dalam bahasa Inggris dan huruf kanji. Tak cuma sebatas info what to see.

Tapi sekaligus kategorinya, seperti UNESCO Heritage Sites, taman, makam, museum, tempat ibadah dan landmark seluruh negeri. Dari Macau sebagai sentral wisata, sampai Ilha de Taipa [Pulau Tam Zai dalam bahasa Kanton] dan Ilha de Coloane [Pulau Lo Wan dalam bahasa Kanton] –yang ketiganya bisa dieksplorasi lewat darat. Semua tergambar jelas, lengkap dengan nomor bus berapa saja yang menuju ke sana.

Leave a Reply

